Investasi Pemerintah Jepang Terhadap Anime

Pemerintah Jepang Terhadap Anime – Bisa dipastikan setiap dari anda yang sedang membaca artikel ini pasti pernah menonton anime atau pun sudah bermain Judi Bandarqq online terpercaya dan juga bandar qq online terbaik. Tayangan film dalam format animasi ini berasal dari negara maju di Asia yaitu Jepang. Anime merupakan bagian dari proyek peningkatan dari sektor hiburan yang dicanangkan oleh pemerintah Jepang.

Sejak puluhan tahun lalu, negara Jepang telah berinvestasi dengan memberikan suntikan dana sebagai stimulus agar bisa mendorong industri anime. Dampaknya mulai terasa dan bisa dipanen di masa sekarang. Serial kartun anime kini digemari sampai ke seluruh penjuru dunia termasuk US. Hal ini sangatlah wajar karena kualitas anime yang ditawarkan pun memang sangat baik dari segi teknik gambar dan jalan cerita.

Investasi Pemerintah Jepang Terhadap Anime

Mungkin anda bertanya-tanya dalam hati, mengapa pemerintah Jepang mau repot-repot menanamkan investasi sedemikian besar terhadap anime? Padahal masih banyak bidang lain yang bisa didorong dan sekilas terlihat jauh lebih menguntungkan daripada sekedar film kartun. Bahkan program pendanaan ini seakan terasa seperti permainan belaka dan jauh dari kesan serius.

Mereka bisa saja full support pada kemajuan teknologi misalnya. Atau mendukung distribusi otomotif yang sudah sangat mampu merajai pasar dunia. Dan masih banyak lagi sektor lainnya yang bisa dimaksimalkan apabila pemerintah Jepang mau melirik dengan serius. Memang, apa sih untungnya membuat anime booming? Toh itu cuma tontonan yang notabenenya dikonsumsi anak-anak dan remaja kan?

Anime Sebagai Media Promosi Paling Efektif

Anggapan di atas sangat salah besar dan merupakan sebuah opini buruk dengan kekeliruan tingkat tinggi. Faktanya, anime merupakan jembatan sebagai sebuah sarana perkenalan menuju sektor lainnya pada seluruh dunia. Film animasi jauh lebih bisa diterima bangsa selain Jepang karena biasanya dianggap sebagai tontonan ringan saja. Namun yang mesti anda ketahui, dalam sebuah anime bisa saja terdapat promosi secara tidak langsung berbentuk kebudayaan Jepang.

Anime Sebagai Media Promosi Paling Efektif

Misalnya saja ketika ada adegan tokoh utama menyeberang jalan raya. Di sana kita bisa lihat banyak mobil keluaran terbaru Jepang digambarkan dengan mewah. Lalu si pemeran utama ini pergi makan siang ke restoran dan memesan menu khas Japan seperti sushi atau onigiri. Kali ini, sektor makanan mendapat promosi lewat adegan kartun. Bukankah setiap film anime ada lagu pembuka serta penutup di akhir tayangan?

Sekarang giliran industri musik Jepang mendapat bagian iklan. Strategi ini sangatlah efektif dan efisien dari segi biaya serta waktu. Coba anda bayangkan ada berapa banyak bidang yang dipromosikan sebuah program anime? Jawabannya adalah sangat banyak dan berpotensi sampai tidak terhingga. Maka dari itu, budget yang dialokasikan pun dapat terkontrol dengan baik dan berefek luas dengan hanya mengandalkan satu pintu. Pintu ajaib bernama anime yang menghubungkan semua industri dan mengangkatnya ke level internasional.

Anime Yang Berpengaruh Besar Bagi Kemajuan Jepang

Ada begitu banyak anime yang mendunia dan meraih kesuksesan besar. Genre yang diusung pun bermacam-macam dengan target konsumen yang beragam usia pula. Dari sekian banyak film anime yang meluncur ke pasaran, terdapat beberapa serial yang paling berpengaruh bagi kemajuan Jepang. Serial itu antara lain sebagai berikut ini:

Dragon Ball

Dragon Ball

Bagi anda yang lahir di rentang tahun 80 hingga 90an pasti akrab dengan nama Dragon Ball. Serial andalan dari sang pengarang senior yang disegani di Jepang yaitu Akira Toriyama. Meskipun sudah tamat bertahun-tahun yang lalu, penggemar setianya masih tetap aktif berdiskusi di bermacam forum internet sehingga hype Dragon Ball masih kuat.

Bahkan demi memuaskan dahaga para fans, serial ini sudah beberapa kali diluncurkan dalam versi berbeda. Apalagi untuk movie nya sudah tidak terhitung berapa banyak jumlahnya. Bapak Akira dinobatkan sebagai salah satu mangaka terkaya karena telah menghasilkan puluhan juta dollar sepanjang Dragon Ball eksis di muka bumi.

Naruto

naruto

Serial Naruto bercerita tentang seorang ninja bocah yang terkenal bandel dan sulit diatur. Naruto seringkali dicap sebagai pembuat onar dan biang kerok dalam setiap kegiatan dengan warga desa. Keunikan film ini adalah kita disuguhkan perjalanan Naruto dari seorang pecundang menjadi pemimpin desa besar sekaligus penyelamat dunia.

Masashi Kishimoto sang pengarang memutuskan untuk menamatkan serial Naruto di episode 700 pada versi manga nya. Film sekuel dilanjutkan oleh asisten beliau di mana bapak Masashi hanya bertindak sebagai pengawas quality control. Sekuel tersebut menceritakan Boruto, anak dari Naruto yang dianggap kurang bisa mengikuti jejak kesuksesan serial sebelumnya.

One Piece

one piece

Gara-gara serial One Piece, sang pengarang yaitu Eichiro Oda dinobatkan sebagai salah satu orang jenius karena berhasil menawarkan kompleksitas cerita yang dinamis dan saling terkoneksi antar karakter. Luar biasanya, karakter yang disajikan di sini jumlahnya sangat banyak sekali mencapai ratusan. Hebatnya, semua karakter yang hidup di serial One Piece memiliki peran penting dalam kelangsungan cerita dan tidak ada yang mubazir!

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari pemerintah Jepang akan strategi pendanaan anime. Indonesia harus berbenah dan memulai sesegera mungkin untuk memperbaiki sektor hiburan. Jika tidak, bukan tidak mungkin belasan tahun ke depan akan muncul kembali raksasa lain. Jangan sampai saat itu lagi-lagi Indonesia hanya menjadi penonton saja.